Senin, 05 April 2010

Danuri : Ayo Keroyok Reserse!


JAKARTA, - Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri meminta semua elemen masyarakat secara sukarela memantau dan mengawasi kinerja reserse Polri di semua level.

"Kapolri mengatakan 'mari mengeroyok' reserse. Artinya untuk mendesak Reskrim kepolisian untuk perbaikan kualitas dan manajemen penyidikan," ujar Penasihat Ahli Kapolri Kastorius Sinaga dalam pernyataan tertulis yang diterima, Senin (5/4/2010) siang. "Keroyok Reserse, kata kunci reformasi Bareskrim," kata Kapolri seperti dikutip Kastorius.

Seruan mengeroyok Reserse dilatarbelakangi kasus makelar kasus pegawai pajak Gayus Halomoan Tambunan. Untuk itu Polri memprioritaskan pembenahan di bidang reskrim seluruh Indonesia.

Kastorius mengungkapkan, saat ini ada 10 ribu lebih penyidik di seluruh Indonesia. "Dari segi fungsi dan wewenang dalam KUHAP para penyidik kepolisian merupakan garda terdepan penegakan hukum kita. Di pundak merekalah moral keadilan sistem hukum kita diletakkan," katanya.

Untuk membenahi reserse, pada bulan April ini Polri bakal menggelar pembinaaan terhadap 5.000 penyidik Polisi di seluruh Indonesia. Pembinaan termasuk upgrading komptensi, pakta integritas dan pendidikan lanjutan. Program ini juga dikaitkan dengan pengawasan organisasi yang semakin ketat terhadap perilaku penyidik.

0 komentar:

Posting Komentar