Jumat, 12 November 2010

Motor Pertama Ciptaan Jerman Laku Rp. 1,1 Miliar

Laku! Sepeda Motor Pertama Buatan Jerman Dilelang Rp. 1,1 Miliar Cara Cepat Jual Motor! Sepeda Motor Pertama Buatan Jerman Dilelang Rp. 1,1 MiliarDapunta Online – SEPEDA MOTOR pertama yang dinamai ‘motorcycle’ atau Motorrad buatan Jerman, yang dilengkapi mesin produksi pertama 1894, baru-baru ini muncul di balai lelang Bonhams, dan ikut berpartisipasi di The International Classsic Motorcycle Show.
Sebelum dilelang, sepeda motor karya kolaborasi dua orang insinyur, yakni Heinrich dan Wilhelm Hildebrand, berada di Amerika Serikat, milik keluarga vendor pada awal 1930-an. Terakhir sepeda motor itu sudah dapat berjalan seperti semula, tanpa terlihat adanya kerusakan keaslian (originalitasnya).
Pada lelang tersebut, masyarakat Jerman dapat menghela nafas, karena barang antik yang sangat berharga itu dibeli oleh kolektor yang juga berasal Jerman. Dia rela menjadi pembayar tertinggi Rp1,1 miliar lebih (86.200 pound sterling), untuk menyelamatkan aset Jerman tersebut.
Dalam sejarahnya, sepeda motor (Motorad) tersebut diproduksi pada 1894 yang dibiayai oleh Alois Wolfmuller. Motor itu dipasang sistem pendinginan air (water cooled), dan kerangkanya menggunakan pipa tubular.
Karya lain dari Hildebrand dan Wolfmuller di antaranya membuat mesin 1.489 cc 4-tak, dua silinder dengan tenaga 2,5 HP pada 240 rpm. Bobot dapaur pacu 50 kg dan mempunyai kecepatan maksimum 45 km/jam.
Berbagai museum di dunia juga menyimpan produk Hildebrand dan Wolfmuller. Seperti museum NSU di Jerman, Science Museum di London, Henry Ford di Detroit, Michigan, Well Auto Museum di Wells, Maine dan terakhir di Museum Lalu Lintas di Surabaya, Jawa Timur.

0 komentar:

Posting Komentar